Selasa, 24 Mei 2011

Pekerja yang Tewas 10 Orang




 
KOMPAS.com — Bom jalanan menjadi ancaman mematikan bagi para pekerja pembuat jalan di Afganistan. Catatan pemerintah setempat menunjukkan, ada sepuluh pekerja tewas dan 28 lainnya luka-luka setelah truk yang mereka tumpangi menabrak sebuah bom pinggir jalan. Menurut warta AP dan AFP pada Selasa (24/5/2011), insiden mematikan itu terjadi di Provinsi Kandahar, kawasan Afganistan selatan.
Sayangnya, tidak ada kelompok yang mengaku melancarkan serangan ini. Pekan lalu, sejumlah orang bersenjata menembak mati 35 pekerja jalan di Provinsi Paktia. Para pekerja jalan sering menjadi sasaran serangan kaum militan Taliban.
Taliban belum lama mendeklarasikan serangan musim semi. Ini merupakan serangan keempat dalam beberapa minggu.
Para pekerja jalan itu sedang dalam perjalanan menuju tempat kerja mereka sewaktu ledakan terjadi di distrik pedesaan Panjwayi di Provinsi Kandahar.
Kandahar dianggap sebagai negeri spiritual Taliban. Sebelumnya, bulan ini, kota itu berada dalam kepungan ketika para kelompok perlawanan mencoba menguasai beberapa gedung pemerintah.
Ada juga serangan terhadap pasukan keamanan, baik pasukan asing maupun tentara Afganistan, yang beroperasi di provinsi itu. Selama pekan lalu terjadi peningkatan besar jumlah serangan di seluruh Afganistan.
Pada Sabtu (21/5/2011), ledakan bunuh diri di satu rumah sakit di Kabul menewaskan enam orang. Lalu, pada Minggu (22/5/2011) sejumlah orang bersenjata menyerbu gedung pemerintah di kota Khost, juga menewaskan enam orang. Pada Senin (23/5/2011), ledakan bunuh diri menewaskan enam orang di pasar yang sedang ramai di Provinsi Laghman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar